kenapa awan berwarna putih

Langit biru akan menjadi sangat indah jika ada gelombang awan putih menggumpal yang menghiasinya. Namun, terkadang awan berwarna putih tersebut berubah menjadi warna abu–abu atau gelap sehingga keindahan langit menghilang. Walaupun keindahan langit menghilang, awan berwarna abu–abu tersebut menurunkan air hujan yang memberikan manfaat kepada semua makhluk hidup.

Awan Terbentuk

Awan adalah sebuah massa yang terbuat dari kumpulan tetesan air atau kristal–kristal es kecil yang menggantung di atmosfer bumi. Terbentuknya awan yaitu ketika suhu udara panas akan menguapkan air hingga ke satu lapisan yang suhunya lebih rendah. Uap air tersebut akan mengalami proses kondensasi yaitu uap yang berubah wujud menjadi cairan tetesan air sehingga membentuk awan.

Langit berwarna biru terjadi karena penghamburan cahaya sinar matahari akibat dari partikel–partikel dan molekul yang ada di atmosfer bumi. Salah satu partikel yang membantu menghamburkan cahaya matahari adalah titik–titik air kecil yang menguap yaitu awan. Tapi, kenapa awan warna putih tidak ikut menjadi warna biru seperti langit? padahal butiran air awan juga membantu langit tampak terlihat menjadi warna biru.

Baca Juga: Kenapa Langit Warna Biru?

Kenapa Awan Berwarna Putih?

Tidak hanya gelombang cahaya berwarna biru saja, Awan berwarna putih karena menangkap atau menyerap secara langsung seluruh warna cahaya matahari yaitu warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu sehingga membentuk warna asli matahari yaitu putih.

Kenapa Awan Berwarna Abu–Abu?

Awan berubah menjadi gelap atau berwarna abu–abu karena jumlah uap atau tetesan air yang dikandungnya lebih banyak, sehingga awan semakin lebih tebal dan padat. Banyaknya air yang tersimpan oleh awan menyebabkan cahaya matahari menjadi lebih sedikit masuk melewati awan. Oleh karena hal itu, awan yang terlihat oleh mata menjadi warna abu–abu. Padahal, awan bagian atas yang tidak terlihat oleh mata masih berwarna putih.

Jika awan mendapatkan panas matahari, awan akan tetap menguap sampai menghilang. Namun, Jika tidak atau suhunya tetap, tetesan air akan turun menjadi hujan karena ditarik dan dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Apakah Benar Langit Gelap Sebagai Pertanda Hujan?

Ketika hujan, biasanya langit terlihat gelap dan gelapnya langit tidak selalu menunjukkan pertanda akan datangnya hujan. Hal itu bisa jadi karena awan yang menghalangi cahaya matahari sehingga dari bumi akan tampak lebih gelap atau berwarna abu-abu.

Awan Saat Sore Hari

Pada saat sore hari, awan akan terlihat berwarna agak merah kejinggaan karena pada saat itu di bumi, matahari akan terlihat lebih rendah dari langit. Selain itu, Sinar cahaya matahari harus melewati atmosfer bumi yang lebih tebal.

kena[a awan berwarna putih. sore hari

Saat melewati atmosfer bumi, gelombang cahaya yang lebih rendah seperti warna biru dan nila sudah berhamburan ke segala arah, sedangkan gelombang cahaya yang panjang seperti merah dan jingga, lebih dulu sampai ke mata. Akibat dari hal ini, awan lebih banyak berinteraksi dengan cahaya matahari yang memiliki gelombang yang lebih panjang pada saat sore hari.

Memperkirakan Cuaca

Awan juga sangat berfungsi dalam memperkirakan atau memprediksi cuaca yang akan terjadi. Dalam memperkirakan cuaca pada suatu tempat, bisa melihat awan dari bentuk, ketinggiannya, posisi awan, warna awan, pergerakan awan dan sebagainya.

tag

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel yang Lainnya

Rekomendasi untuk Anda