kenapa ayam tidak bisa terbang, ayam

Pada tahun 2003, populasi ayam mencapai lebih dari 24 miliar, lebih banyak dari manusia.  Ayam adalah hewan sejenis unggas yang memiliki sayap namun tidak bisa terbang. Entah kenapa hewan yang satu ini tidak bisa terbang padahal memiliki sayap seperti burung.

Sebenarnya ayam mampu mengangkat tubuhnya dengan mengepakkan atau menggunakan sayap, namun ayam tidak bisa mengangkat tubuhnya lebih tinggi lagi untuk terbang seperti burung. Ayam lebih banyak menghabiskan waktunya di tanah untuk mencari makan daripada di udara.

Penyebab Ayam Tidak bisa Terbang
  1. Ukuran Tubuh Ayam
    Salah satu penyebab ayam tidak bisa terbang adalah karena memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan tidak seimbang dengan ukuran sayapnya. Sedangkan burung memiliki ukuran badan yang kecil dan relatif ringan
  2. Sayap Ayam
    Ukuran sayap pada ayam cenderung lebih kecil daripada tubuhnya, sedangkan pada burung memiliki bentuk sayap yang lebih lebar, dan susunannya lebih rapat. Selain itu, bulu pada ayam juga sangat mudah rontok.

    Baca Juga: Kenapa Pesawat Bisa Terbang?

    Ada beberapa burung yang memiliki sayap kecil, contohnya adalah burung kolibri. Burung kolibri bisa terbang karena gerakan atau kepak sayapnya yang sangat cepat, dalam satu detik bisa mencapai 12 – 80 kali kepak. Sedangkan ayam tidak bisa mengepak sayapnya dengan cepat seperti burung kolibri karena memiliki otot yang berbeda. Jika ayam bisa mengepak sayapnya dengan cepat seperti burung kolibri, kemungkinan besar bulunya akan lepas dan rontok.
    kenapa ayam tidak bisa terbang, burung kolibri

Fungsi Sayap Ayam

kenapa ayam tidak bisa terbang, sayap ayam

Walaupun tidak bisa terbang menggunakan sayapnya, tetapi sayapnya memiliki fungsi lain yaitu:

  • Sebagai Alat Keseimbangan Tubuh
    Sayap ayam menjaga keseimbangan tubuhnya saat bergerak. Seperti saat turun dari tempat yang tinggi, ayam akan mengepak sayapnya untuk menjaga keseimbangan. Begitu juga saat ayam melompat ke tempat yang lebih tinggi, hewan ini bisa memanfaatkan sayapnya dengan baik.
  • Melindungi Diri Dari Ancaman
    Sayap ayam juga sebagai alat untuk melindunginya dari ancaman dan serangan musuh.
  • Melindungi dan Menghangatkan Telur dan Anaknya.
    Saat terjadi ancaman, Induk Ayam akan mengepak sayapnya untuk melindungi anak-anaknya. Induk ayam akan mengapit telur atau anaknya untuk memberikan kehangatan pada saat suhu yang rendah.
  • Relaksasi Otot Tubuh
    Ayam juga mengepak sayap untuk melakukan Relaksasi atau pengenduran pada otot-ototnya.
Apakah Ada Ayam yang Bisa Terbang?

Hampir semua ayam tidak bisa menggunakan sayapnya untuk terbang, namun ada salah satu jenis ayam yang bisa menggunakannya seperti burung lainnya yaitu ayam hutan hijau. Ayam hutan hijau merupakan bagian dari keluarga ayam, puyuh, merak, dan sempidan, serta juga dipercaya sebagai leluhur dari sebagian ayam peliharaan.

Ayam hutan hijau dapat terbang ke arah cabang pohon secara vertikal dengan ketinggian mencapai 7 meter atau lebih. Saat terbang mendatar atau lurus, hewan ini bisa mencapai beberapa ratus meter, bahkan mampu terbang dari pulau ke pulau yang berdekatan melintasi lautan.

ayam hutan

Rata – rata semua jenis ayam hutan memiliki kemampuan terbang, Bahkan anaknya yang masih berumur satu minggu, sudah bisa terbang.

Hewan Lain yang Tidak Bisa Terbang

Selain ayam, masih banyak hewan yang memiliki sayap namun tidak bisa menggunakannya untuk terbang. Hewan – hewan tersebut adalah burung unta, emu, burung dodo, penguin, kiwi, kasuari,  auk besar, kakapo dan masih banyak lagi.

tag

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel yang Lainnya

Rekomendasi untuk Anda