kenapa bisa cegukan

Cegukan terjadi tanpa sengaja dan muncul secara refleks pada tubuh, ketika saat sedang asyik makan, asyik mengobrol, atau kegiatan yang lainnya tiba-tiba muncul suara ‘hik’, tentu itu cukup mengganggu. Selain menimbulkan suara, cegukan juga dirasakan tekanannya pada tubuh bagian tenggorokan, dada, dan perut.

Berbagai macam cara yang dilakukan untuk menghilangkan cegukan mulai dari menahan napas sebentar jika lama nyawanya yang lepas, minum air, menggigit lemon atau jeruk nipis, menelan gula, bernapas menggunakan kantong kertas, membalik posisi tubuh dengan meletakkan kepala dibawah kaki diatas, dan masih banyak lagi. Jadi, kenapa bisa cegukan?

Dalam istilah medis cegukan disebut dengan singultus. Cegukan dapat terjadi karena otot – otot diafragma mengalami kontraksi atau perenggangan. Otot diafragma merupakan suatu otot yang berfungsi untuk menarik dan mengembuskan napas. Diafragma inilah yang membantu untuk pernapasan dan ini terletak di bawah rongga dada dan bentuknya seperti kubah otot. Nah, itulah kenapa cegukan bisa terjadi.

Penyebab Cegukan

Ada berbagai macam yang menyebabkan Cegukan bisa terjadi antara lain:

  1. Makan yang terlalu cepat
  2. Minum minuman bersoda yang terlalu banyak
  3. Stress, Takut, atau gembira yang berlebihan
  4. Perut yang kembung
  5. Kebiasaan yang buruk seperti merokok, dan minum – minuman beralkohol yang banyak
  6. Makan Makanan yang pedas
Beberapa Cara Menghilangkan Cegukan

Biasanya cegukan akan berhenti dengan sendirinya, akan tetapi jika lama itu cukup mengganggu kegiatan sehari – hari. Beberapa cara yang mungkin bisa menghilangkan cegukan yaitu:

  1. Menahan napas kira – kira selama 10 detik
  2. Bernapas menggunakan kantong kertas
  3. Meminum segelas air
  4. Menggigit lemon
  5. Menelan gula pasir satu sendok eh
  6. Membalik posisi tubuh dengan meletakkan kepala di bawah dan kaki diatas
  7. Kaget, yang katanya juga bisa menghilangkan cegukan
  8. Mengatur pernapasan
Pemegang Rekor Cegukan

Ternyata, ada juga yang pemegang rekor cegukan selama 68 tahun, dia adalah Charles Osborne dari tahun 1922 sampai 1990, dia berasal dari Anthon, Lowa, Amerika Serikat. Ini tercatat di The Guinness Worlds Records yaitu sebagai cegukan terlama di dunia. Tidak hanya itu, ada juga seorang wanita asal London yang mengalami cegukan selama 8 tahun, dia adalah Danielle Kirkland.

Masalah Cegukan yang Lama

Jika cegukan masih terjadi lebih dari 2 hari segera konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Dokter akan mengecek apakah cegukan yang terjadi merupakan hanya cegukan biasa atau tanda dari kondisi medis lain.

Penyebab cegukan yang lama atau lebih dari 2 hari kemungkinan dari gangguan pada sistem pencernaan, gangguan saraf, pada otak, jantung, mental, dan sebagainya. Selain dari itu, cegukan yang berkepanjangan juga dapat terjadi dari akibat efek samping obat – obatan.

Sumber Foto/Gambar:
todayonline.com
www.pexels.com/@pixabay

tag

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel yang Lainnya

Rekomendasi untuk Anda