edgar davids, kacamata edgar davids

Edgar Steven Davids atau Edgar Davids adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Belanda yang memakai kacamata saat bertanding. Edgar Davids pernah membela klub Ajax Amsterdam, AC Milan, Juventus, Barcelona, Inter Milan, Tottenham Hotspur, Crystal Palace dan Barnet. Karena rambut gimbal dan kacamata yang ikonis, mantan pemain Juventus ini menjadi pemain yang paling mudah dikenali pada masanya.

Edgar Davids memakai kacamata khusus saat bertanding untuk pertama kalinya pada tahun 1999 ketika masih berada di klub Juventus. Edgar Davids tepatnya memakai benda tersebut yaitu pada tanggal 4 September 1999, saat pertandingan persahabatan timnas Belanda melawan timnas Belgia.

Kenapa Edgar Davids Memakai Kacamata?

Alasan kenapa Edgar Davids memakai kacamata saat bertanding bukan karena bergaya, melainkan akibat dari penyakit matanya yang bernama glaukoma. Edgar Davids waktu itu mengungkapkan bahwa ia hanya bisa melihat menggunakan satu mata saja. Setelah pemeriksaan, dokter mendiagnosa Edgar Davids bahwa ia menderita penyakit glaukoma.

Glaukoma adalah suatu penyakit pada mata akibat dari meningkatnya tekanan pada bola mata sehingga menyebabkan kerusakan pada saraf mata.

Penyakit glaukoma menjadi salah satu penyebab kebutaan terbanyak kedua setelah penyakit katarak. Pada umumnya gejala–gejala orang menderita glaukoma yaitu penglihatan yang kabur, adanya lingkaran seperti pelangi ketika melihat cahaya yang terang, ukuran pada pupil, dan sebagainya.

Apakah Penyakit Edgar Davids Bisa Sembuh?

Gejala glaukoma bisa menyebabkan kerusakan pada mata dan kebutaan total. Untuk saat sekarang ini, belum ada obat atau terapi yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Dalam pengobatan penyakit glaukoma, untuk mencegahnya bisa dengan menggunakan obat tetes, terapi laser, dan operasi.

Edgar Davids mengobati penyakit glaukomanya tersebut dengan cara operasi. Operasinya berhasil menstabilkan matanya, namun kondisi penglihatan matanya menjadi lemah. Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan kacamata.

Walaupun memiliki masalah pada mata, Itu tidak mempengaruhi sedikitpun keterampilan Edgar Davids dalam bermain sepak bola.

Baca Juga: Kenapa Pemain Sepak Bola Menggandeng Anak – Anak Saat Memasuki Lapangan?

Kenapa Edgar Davids Diperbolehkan Memakai Kacamata?

Biasanya para wasit memeriksa setiap pemain agar mereka melepaskan benda–benda yang dilarang saat pertandingan sepak bola seperti cincin, gelang, dan kalung. Tapi, beberapa benda akan mendapatkan pengecualian jika tujuannya adalah melindungi sang pemain. Sang pemain dengan julukan The Pitbull  ini mendapatkan hak istimewa tersebut karena kacamatanya bertujuan untuk melindungi matanya yang melemah.

Seorang pemain boleh menggunakan perlengkapan dasar asalkan tujuan utamanya adalah untuk melindunginya secara fisik dan tidak menimbulkan bahaya bagi diri sendiri maupun pemain lain.

Yang Memakai Kacamata Selain dari Edgar Davids

Tidak hanya Edgar Davids saja, masih ada beberapa pemain lain yang memakai kacamata saat bertanding, mereka adalah Annibale Frossi (Italia), Armand Joseph Jurion “Jef” (Belgia), Joop Van Daele (Belanda), Francisco Javier Montero (Spanyol), Ignazio Abate (Italia), dan Achmad Nawir (Indonesia). Bahkan juga ada sebagian besar pemain lebih memilih menggunakan lensa kontak daripada kacamata, seperti Petr Cech, David De Gea, dan Mario Balotelli.

achmad nawird, kacamata edgar davidsAchmad Nawir(Indonesia)

joop van daele, kacamata edgar davidsJoop Van Daele (Belanda)

Francisco Javier Montero (Spanyol)

Ada banyak pemain sepak bola yang bermasalah dengan matanya. Namun mereka membuktikan bahwa masalah penglihatan bukanlah sebuah halangan untuk menjadi pemain sepak bola profesional.

tag

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel yang Lainnya

Rekomendasi untuk Anda