komputer, kenapa komputer diciptakan

Tentu semua orang sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang sampai saat sekarang ini sangat berguna untuk berbagai macam kebutuhan. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer selalu berkembang dari generasi ke generasi. Dulunya ukuran komputer kira–kira mencapai 1800 kaki dan mempunyai berat sekitar 30 ton. Tujuan komputer diciptakan dulunya sangat berbeda dengan saat sekarang ini, begitu juga dengan fungsi dan cara menggunakannya.

Penemu Gagasan Komputer

Komputer berasal dari Bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung, sedangkan dalam Bahasa Inggris artinya adalah to compute. Gagasan komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage. Charles Babbage adalah seorang ilmuwan dan matematikawan terkenal yang berasal dari London, Inggris. Lahir pada tanggal 26 Desember 1791 dan meninggal pada tanggal 18 Oktober 1871 saat berusia 79 tahun.

Sejarah Komputer Pertama Muncul

Pada tahun 1821, Charles Babbage berhasil membuat mesin yang dapat menyusun tabel matematika dan memberi nama mesin pertamanya yaitu Difference Engine no. 1. Kemudian, dia memiliki ide untuk mengembangkan mesin pertamanya yang mampu menyelesaikan berbagai macam jenis operasi aritmetika. Akhirnya pada tahun 1837, Charles Babbage berhasil mengembangkan mesin tersebut dan memberi nama mesinnya yaitu Analytical Engine. Ini menjadi salah satu gagasan yang berguna sampai sekarang ini sehingga Charles Babbage terkenal dengan julukan sebagai Bapak Komputer Dunia.

komputer, kenapa komputer diciptakan, mengapa komputer diciptakan, analytical engine komputer, kenapa komputer diciptakan, mengapa komputer diciptakan, difference engine

Sejak penemuan gagasan tersebut, di tahun 1946 komputer generasi pertama tercipta oleh John Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania, yang bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Ukurannya sangat besar, bahkan memiliki 17 ribu tabung vakum dan mengonsumsi energi yang juga sangat besar yaitu sekitar 150 kW. ENIAC beroperasi hingga tanggal 2 Oktober 1955 dan desainnya tidak pernah terulang kembali karena akibat dari kekurangannya dalam menyimpan program.

Baca Juga: Kenapa Pesawat Bisa Terbang?

Sebelumnya, tanggal 12 Mei 1941 di Jerman, ilmuwan bernama Konrad Zuse yang juga terkenal dengan sebutan pionir dunia komputer berhasil menciptakan Z3.  Zuse mempresentasikan tentang mesinnya di Berlin sebagai komputer otomatis pertama di dunia yang terprogram. Namun di tahun 1943, Z3 hancur oleh bom atom sekutu di Berlin pada saat Perang Dunia II.  Tidak diam begitu saja, perusahaannya yang bernama Zuse KG mencoba membuat tiruan komputer ini. Akhirnya di tahun 1960-an, Z3 berfungsi seperti sebelumnya dan menjadi pajangan di Deutsches Museum, München.

Sang Ilmuwan juga sudah membuat Z1 dan Z2, bahkan setelah Perang Dunia ke-II Zuse juga membuat Z4 pada tahun 1950. Seluruh komputernya berada di Museum Deutsches, München. Akibat Perang Dunia II, karya-karyanya tidak banyak tercatat di Amerika Serikat dan Britania Raya.

komputer, kenapa komputer diciptakan, mengapa komputer diciptakan

Kenapa Komputer Diciptakan

Dulu komputer diciptakan hanya sebagai mesin atau alat yang berguna untuk mempermudah perhitungan matematika saja. Tujuan komputer generasi pertama rata-rata diciptakan hanya untuk keperluan perang.

Contohnya adalah ENIAC yang berguna untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan Angkatan Darat AS dengan tujuan untuk menghitung tabel tembakan senjata dan menghitung jarak tembak rudal. Sedangkan di Jerman komputer buatan Zuse hanya berguna untuk menganalisis kepak sayap dalam desain pesawat.

Hampir setiap tahunnya komputer terus berkembang dan semakin canggih dari tahun ke tahun. Sekarang ini, Tujuan komputer diciptakan adalah untuk membantu atau meringankan beban kerja manusia. Komputer sangat membantu urusan manusia dalam berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, media informasi, hiburan, komunikasi, dan sebagainya.

Komputer di Masa Mendatang

Di masa depan, kemungkinan komputer akan lebih canggih dan lebih mudah lagi penggunaannya, bentuknya bisa jadi lebih kecil lagi dari zaman sekarang. Bisa jadi, komputer memiliki kecerdasan buatan yang sangat mendekati kemampuan dan perilaku manusia.

tag

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel yang Lainnya

Rekomendasi untuk Anda