knapa, kenapa orang buta pakai kacamata hitam

Tunanetra atau orang yang buta biasanya saat bepergian, pasti akan membawa sebuah tongkat untuk membantunya berjalan dan pakai kacamata hitam untuk menutupi matanya. Bukan untuk bergaya, Orang yang mengalami kebutaan atau tunanetra memiliki alasan kenapa mereka pakai kacamata hitam.

Apakah Tunanetra Benar-Benar Tidak bisa Melihat?

Ternyata, tidak semua tunanetra benar-benar tidak bisa melihat apa-apa. Ada juga tunanetra yang tidak sepenuhnya mengalami kebutaan. Orang yang tidak sepenuhnya buta memilliki penglihatan yang sangat terbatas, istilahnya yaitu Partial Blindness atau bisa juga Low Vision. Hanya sekitar 15% orang yang mengalami kebutaan total, sedangkan 85% lainnya dapat melihat walaupun sangat terbatas.

Bukan tanpa alasan, Orang yang mengalami kebutaan atau tunanetra menggunakan kacamata hitam agar mereka nyaman dan lebih percaya diri saat melakukan kontak mata atau berkomunikasi dengan orang lain. Terlepas dari itu, ada alasan lain kenapa tunanetra pakai kacamata hitam.

Baca Juga: Kenapa Kesemutan Bisa Terjadi Pada Tubuh?

Terlindung dari Sinar Matahari

Tunanetra atau orang yang buta pakai kacamata hitam agar terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar UV sangat berbahaya pada kornea mata jika melakukan kontak yang terlalu lama. Bagi orang yang mengalami gangguan penglihatan, akan lebih sulit bagi mereka mengidentifikasi kapan akan terkena Sinar UV.

Agar Terhindar dari Partikel, Debu, Benda-Benda Lainnya.

Kemudian, tunanetra memakai kacamata bertujuan untuk melindungi matanya dari partikel, debu, dan benda-benda lainnya. Karena akibat dari gangguan penglihatannya, mereka memiliki risiko yang lebih tinggi terkena benda atau partikel-partikel tersebut. Hal seperti ini dapat menyebabkan iritasi pada mata. Maka dari itu, menggunakan kacamata dapat melindungi sehingga terhindar dari bahaya.

Membantu Meningkatkan Penglihatan

Tidak hanya itu saja, jika pakai kacamata hitam, orang yang buta partial blindness atau low vision akan lebih terbantu untuk fokus melihat suatu objek. Kacamata hitam dapat membantu tunanetra mengurangi silau pada objek karena tunanetra sangat sensitif pada cahaya. Tunanetra hanya mampu mengambil sedikit bentuk objek yang dilihatnya.

Saat berbicara dengan orang yang mengalami gangguan penglihatan, lebih baik di tempat yang berteduh agar mereka bisa melihat bentuk dan sosok seseorang tersebut walaupun tidak terlalu jelas.

Baca Juga: Kenapa Edgar Davids Memakai Kacamata saat Bertanding?

Agar Orang Lain Tahu

Alasan tunanetra pakai kacamata hitam juga bertujuan untuk memberi tahu kepada orang lain bahwa mereka memiliki gangguan penglihatan. Dengan memakai kacamata hitam dan tongkat, orang lain akan tahu bahwa mereka mengalami gangguan penglihatan. Ini juga dapat membantu demi keselamatan sekitar agar menjaga jarak terutama di tempat yang ramai sehingga tidak terjadi tabrakan dengan yang lain.

 

tag

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel yang Lainnya

Rekomendasi untuk Anda